Pages

Friday, September 30, 2011

News Teknologi


Samsung Siapkan Sensor 16 MP untuk Ponsel

Samsung mengklaim telah menyiapkan sebuah sensor kamera khusus untuk ponsel dan tablet dengan resolusi mencapai 16 MP. Produk ini akan diproduksi massal mulai awal 2012.
Kualitas gambar dari hasil jepretan memang tak selamanya ditentukan oleh besarnya lensa, namun tetap saja hal ini selalu dibutuhkan dalam dunia fotografi.



Atas dasar itulah, Samsung berencana memproduksi massal sensor gambar sebesar 16 MP CMOS yang dirancang untuk ponsel atau tablet. Hal ini diharapkan semakin menjembatani kualitas foto kedua gadget tersebut dengan kamera saku.

sensor berseri S5K2P1 itu juga menawarkan kualitas video yang baik. Samsung mengklaim bisa merekam hingga resolusi 8,3 MP dengan rata-rata 60 frame per second (FPS), dan 16 MP di 30 FPS tanpa lag.

Selain untuk ponsel dan tablet Samsung juga mengaku chip ini cocok digunakan untuk kamera saku. Sebab, hasil proses gambarnya baik untuk di ruangan yang minim cahaya.














Nokia Optimistis Berjaya dengan Windows Phone 

Nokia masih jadi vendor ponsel nomor satu di dunia, namun belakangan keteteran di segmen smartphone. Adopsi Windows Phone 7 (WP 7) diharapkan mengubah peruntungan. Dengan yakin Nokia mengatakan WP 7 akan mengembalikan mereka pada kejayaan.

"Pada partner, kami telah menunjukkan ponsel ini. Mereka mengatakan bahwa ponsel pertama Nokia Windows Phone sungguh menarik," klaim Conor Pierce, General Manager Nokia Inggris.

"Mereka mengatakan itu secara spontan yang menunjukkan apa yang kami bawa cukup spektakuler. Dan ini hanyalah permulaan.

Apa yang dibicarakan Pierce tentu saja adalah ponsel Windows Phone Nokia yang rencananya rilis akhir tahun ini. Pierce optimistis Nokia akan menuai kesuksesan yang sangat dibutuhkannya di saat berbagai kabar miring saat ini menimpa Nokia.

"Ambisi saya adalah membawa Nokia kembali ke tempatnya semula di smartphone. Mengapa saya percaya diri seperti ini? Ada koneksi emosional yang tak tertandingi dengan konsumen. Bagi banyak orang Nokia adalah ponsel pertama mereka. Jadi Nokia mengakar sangat dalam," tukasnya.

Pierce menyatakan bahwa orang memang menginginkan Windows Phone selanjutnya dibuat oleh Nokia. "Mereka ingin Nokia kembali dan mereka tahu kami bisa melakukannya," ujar Pierce.















Sindir Fotografer via Facebook, Nikon Diprotes 

Nikon baru saja melakukan kesalahan di situs jejaring yang memunculkan kemarahan pihak tertentu. Melalui halaman Facebooknya, produsen kamera raksasa asal Jepang ini menyinggung perasaan kalangan fotografer dengan memposting status kontroversial.

Postingan yang ditulis Nikon menyiratkan arti bahwa kamera dan lensa-lah yang membuat sebuah foto itu bagus, alih-alih kemampuan orang di balik kameranya alias si fotografer itu sendiri.

"A photographer is only as good as the equipment he uses, and a good lens is essential to taking good pictures! Do any of our facebook fans use any of the NIKKOR lenses? Which is your favorite and what types of situations do you use it for?"

Kontan, postingan itu langsung menuai lebih dari 2.000 komentar dan ribuan 'like'. Ia juga telah di-share lebih dari 1.000 kali. Dilihat dari postingan yang masuk, sebagian besar fotografer merasa tersinggung dengan pernyataan Nikon itu dan meluapkannya dalam komentar.

Menyadari kesalahannya, akhirnya Nikon meminta maaf akan apa yang telah mereka tulis. "Kami tahu beberapa di antara kalian merasa tersinggung dengan postingan kami dan kami meminta maaf. Kami tidak bermaksud menyakiti kalian" demikian tulis Nikon.

Nikon, yang merupakan pesaing berat Canon kini memiliki lebih dari 800.000 penggemar diFacebook page mereka. Beberapa penggemar Nikonpun menyambut baik permintaan maaf mereka.

"Senang mengetahui permintaan maaf tersebut. Hal inilah yang diperlukan dalam kondisi sekarang" tulis seorang yang menyebut dirinya sebagai konsumen Nikon.














RIM Bantah Isu BlackBerry PlayBook Distop

Prediksi yang mengatakan bahwa produksi komputer tablet PlayBook akan dihentikan, dibantah oleh Research In Motion (RIM). Melalui juru bicaranya, Marissa Conway, RIM menegaskan jika prediksi tersebut hanya omong kosong.

Seorang analis dari Collin Stweart, John Vihn lah yang awalnya mengeluarkan prediksi tersebut. Prediksi itu datang setelah laporan RIM yang menyebutkan bahwa penjualan PlayBook sangat lemah.

Lebih lanjut lagi Vihn juga meramalkan bahwa RIM akan keluar dari pasar tablet dengan kondisi penjualan yang tidak sesuai harapan itu. Untuk menguatkan ramalannya, Vihn merujuk pada berita yang melaporkan bahwa pabrik rekanan RIM, Quanta Computer, telah memecat sejumlah pekerjanya yang berfokus pada produksi PlayBook.

Namun hal ini segera mendapat bantahan. "Rumor yang menyugestikan bahwa BlackBerry PlayBook tidak dilanjutkan hanyalah sebuah fiksi murni," tegas Marisa Conway. "RIM masih terus berkomitmen di pasar tablet dan QNX di area platform," tambahnya.

QNX adalah sistem operasi yang berjalan di PlayBook. Dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (30/9/2011), ia diciptakan untuk menjadi OS utama di lini smartphone keluaran RIM.

Kondisi penjualan PlayBook memang tidak terlalu menggembirakan sehingga membuat RIM memutuskan untuk memangkas harganya. Apalagi ditambah dengan kehadiran tablet dari Amazon, Kindle Fire, RIM sepertinya harus memutar otak untuk mendongkrak penjualannya.











iPhone Palsu Semakin Mirip yang Asli

Produk iPhone palsu kini bertebaran di pasar gelap dan internet. Baru-baru ini, polisi China telah menahan lima orang yang diduga membuat dan menjual iPhone palsu.

Gerombolan ini diduga telah membeli komponen ponsel iPhone itu dari Guandong, kota selatan China, dan kemudian merakitnya di sebuah apartemen di Shanghai. Dalam penggerebekan itu, polisi China menemukan 200 iPhone palsu.

Yang menarik, iPhone palsu ini menggunakan sebagian komponen yang sama dengan buatan Apple. Fungsi dalam iPhone palsu ini pun sama dengan yang asli. Cuma, masa pemakaian baterainya lebih pendek.

"Sangat sulit bagi konsumen untuk membedakan mana yang palsu dan yang asli," kata seorang penyidik.

iPhone palsu dengan biaya produksi sebesar 313 dollar AS ini ditawarkan di pasar gelap dan internet dengan harga sedikit lebih murah ketimbang aslinya. Harganya kira-kira sekitar 4.000 yuan atau sekitar 626 dollar AS per unit. Apple sendiri masih bungkam dengan kasus ini.

Yang jelas, kasus ini menambah daftar panjang pelanggaran hak kekayaan intelektual yang dilakukan di China. Raksasa Asia ini telah berulang kali dikritik atas merebaknya pelanggaran hak kekayaan intelektual.
Banyak pembajakan hak kekayaan intelektual atas merek-merek terkenal. Barang-barang bajakan itu sangat gampang ditemui di toko-toko di kota besar








Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...