Pages

Sunday, September 25, 2011

Lintas Tehnologi

Perubahan Situs Facebook Tidak Disukai


















Bagaimana reaksi pengguna Facebook terhadap perubahan situs jejaring tersebut yang baru saja diumumkan? Ternyata, sebagian besar Facebooker tidak menyukai perubahan itu.





Hasil ini diketahui melalui survey yang dilakukan oleh Sodahead, sebuah situs berbasis voting online. Mereka menemukan bahwa 86% dari pengguna Facebook mengaku sangat tidak menyukai perubahan yang diumumkan Mark Zuckerberg dalam gelaran konferensi f8.

Dari mereka yang tidak setuju, kalangan remaja dan wanita-lah yang paling kentara menunjukkan ketidaksukaan mereka. Sedang dari kalangan dewasa dan pria mereka mengaku tidak menyukai fitur-fitur baru yang dirilis Facebook.

 satu-satunya grup yang mendukung perubahan yang dilakukan Facebook hanyalah dari kalangan pekerja IT.

Diketahui juga bahwa orang-orang yang memiliki pendapatan di atas USD 100.000 serta mereka yang berstatus mahasiswa juga dijumpai tidak terlalu mempersoalkan perubahan Facebook dibandingkan user lainnya.

Diberitakan, semenjak pengumuman perubahannya, Facebook menuai banyak komentar negatif di blog resmi mereka.

Mark Zuckerbergpun langsung menunjukkan sifat defensif terhadap aksi Facebooker itu dengan mengatakan bahwa desain baru Facebook telah diujicobakan pada masyarakat baik di dalam maupun di luar kantor Facebook.

Akan tetapi ia juga menambahkan bahwa umpan balik dari pengguna akan tetap dihargai.

Seperti diketahui, Facebook baru saja 'merenovasi` situsnya dengan penambahan fitur baru dan perubahan di sana-sini, salah satunya adalah dengan penambahan News Ticker dan mengubah desain profile-nya.



iPhone 5 Diluncurkan pada Awal Oktober










Bukan 5 Oktober atau 21 Oktober seperti digosipkan selama ini, tapi smartphone terbaru Apple yang sementara disebut iPhone 5 akan diluncurkan pada 4 Oktober 2011. Demikian laporan terbaru yang dilansir blog teknologi terkemuka AllThingsD.

Menurut sumber yang dipercaya, blog yang berafiliasi dengan Dow Jones itu menyatakan bahwa iPhone 5 akan dijual dalam beberapa minggu kemudian. Apple bisa saja mengubah jadwal setiap saat, namun untuk sementara CEO Apple Tim Cook berencana muncul di depan publik pada tanggal tersebut.
Peluncuran ini bakal menjadi debut pertama Cook (50) di atas panggung sebagai CEO Apple menggantikan Steve Jobs yang mengundurkan diri pada 24 Agustus lalu. Selama ini peluncuran produk baru Apple selalu dilakukan Steve Jobs sehingga menjadi ikon kuat bagi Apple. Jobs dikenal sebagai otak di balik produk inovatif Apple dari Mac, iPod, iPhone, dan iPad.
Sampai saat ini seperti sebelum-sebelumnya, Apple menutup rapat seperti apa wujud smartphone yang akan diluncurkan. Namun, rumor yang beredar, Apple disebut-sebut menyiapkan dua versi iPhone sekaligus. Masing-masing versi baru dengan layar lebih lebar dan kamera lebih baik yang disebut iPhone 5 dan versi ekonomis yang disebut iPhone 4S. 

Lenovo Kenalkan ThinkCentre M71e untuk Perusahaan Besar 













Lenovo telah memperkenalkan ThinkCentre M71e, desktop entry level untuk segmen pengguna korporasi. Prosesor Intel Core 2nd Gen siap memperkuatnya.

"ThinkCentre M71e sangat cocok untuk perusahaan-perusahaan large enterprise di Indonesia yang tengah mempertimbangkan untuk melakukan penggantian desktop bisnis yang sudah lawas," kata Sandy Lumy, Country General Manager, Lenovo Indonesia.

Salah satu kemampuan perangkat ini adalah Lenovo Enhanced Experience 2.0 untuk Windows 7. Ini memungkinkan waktu booting kurang dari 15 detik.

Untuk jeroannya, perusahaan bisa memilih prosesor hingga kelas Intel Core i7 untuk kemampuan multitasking yang lebih lancar bagi karyawannya.

PC Desktop M71e ini tersedia dalam model tower dan small form factor (SFF). Casing-nya memiliki beberapa teknologi untuk korporasi, seperti intrusion switch dan juga penonaktifan port I/O USB.

Software yang disiapkan Lenovo bagi korporasi termasuk ThinkVantage Rescue and Recovery untuk menyelamatkan dan memulihkan file yang terhapus. Ada juga View Management Utility dan Password Manager.


'Mystical Planet' Juarai Acer Iconia Hack Day 2011 













Setelah coding non-stop selama 24 Jam, tim di balik aplikasi 'Mystical Planet' akhirnya dinobatkan sebagai juara Acer Iconia Hack Day 2011.

 pemenang utama gelaran ini adalah Ecky Putrady dan Dimas Tri Ciputra.

Aplikasi Android yang mereka hasilkan setelah 24 jam berkutat dengan kode adalah “Mystical Planet”. Ini merupakan game berlatar luar angkasa yang menguji ketangkasan pemain dalam menembak pesawat musuh.

Acer berencana membawa versi final game tersebut ke Android Market agar bisa dipasang pengguna Acer Iconia Tab maupun gadget Android Honeycomb lainnya.

Peserta lain juga mendapatkan penghargaan dalam kompetisi ini. Mereka adalah Muhammad Hakim, Supardi dan Ihsan Fauzi.

Ajang itu digelar mulai Jumat (23/9/2011) hingga Sabtu (24/9/2011) selama 24 jam non-stop. Iconia Hack Day digelar bersamaan dengan ajang Social Media Fest, fX, Senayan, Jakarta.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menghasilkan berbagai aplikasi baru buatan Indonesia untuk platform Android Honeycomb. Salah satu produk Acer, Iconia Tab, memang tersedia dalam varian yang menjalankan sistem operasi tersebut.

Pihak Acer mengatakan, ada 100 pengembang yang diundang untuk berpartisipasi dalam Iconia Hack Day. Aplikasi yang dilombakan memiliki tema 'Entertainment' atau hiburan. Peserta bisa terdiri dari sebuah tim yang beranggotakan dua orang.


VMware vFabric Data Siap Tangani Database Heterogen 













Penyedia layanan virtualisasi dan infrastruktur awan, VMware meluncurkan solusi untuk menghantarkan provisi dan operasional database sebagai sebuah layanan (database as a service) bagi perusahaan kelasenterprise.

Solusi bernama VMware vFabric Data Director yang diluncurkan pada VMWorld 2011 ini merupakan wujud dari strategi platform aplikasi awan VMware.

Fungsi vFabric Data Director adalah mengendalikan dan mengelola rangkaian database heterogen secara otomatis, berdasarkan kebijakan yang sudah ditetapkan oleh divisi TI.

Salah satu manfaat solusi ini adalah merampingkan proses pengembangan aplikasi karena para developer bisa menyediakan sendiri layanan database melalui fungsi self-service provisioning yang mereka butuhkan untuk membuat aplikasi modern.

Solusi vFabric Data Director ini dibuat di atas VMware vSphere dan diklaim mampu mendatangkan benefit dari infrastruktur tervirtualisasi kepada lapisan database.

Benefit tersebut adalah mengoptimalkan utilisasi sumber daya sehingga operasional semakin efisien sekaligus memangkas berbagai biaya.

"Perusahaan kelas enterprise menghadapi tantangan yang semakin berat dalam mengelola pertumbuhan data yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi modern, sambil mendukung inisiatif pengembangan aplikasi kritikal," kata Tod Nielsen, Co- President, Application Platform VMware dalam keterangannya,

"VMware mendorong laju strategi platform aplikasi awan dengan memberikan layanan akses dan manajemen data inovatif yang mampu melayani kebutuhan aplikasi masa kini, sekaligus meletakkan pondasi bagi aplikasi awan generasi berikutnya.


Google+ Hampir Raih 50 Juta User 













Setelah dibuka untuk umum, situs jejaring Google+ (Google Plus) mengalami penambahan user. Penambahan ini mengakibatkan jumlah penggunanya mendekati 50 juta, dan Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang user terbesar.

Google+ dibuka pada 20 September lalu dengan menghadirkan banyak fitur baru seperti "Hangouts on Air" dan pengintegrasian dengan Google Docs.

Menurut Internet entrepreneur, Paul Allen, yang telah mengkalkulasi pertumbuhan Google+ melalui penghitungan nama keluarga, Google+ mencapai pertumbuhan 30% hanya 2 hari setelah ia dibuka.

Allen menyakini bahwa kini Google+ telah berhasil 'dihuni' setidaknya 43,4 juta user. Pertumbuhan 30% ini tentu saja sangat berarti bagi Google+, situs yang dianggap tidak akan pernah sukses. Sebagai perbandingan, Facebook membutuhkan 3,5 tahun untuk meraih 50 juta user.

, sumbangsih terbesar pengguna Google+ diketahui di antaranya berasal dari Indonesia, China, Vietnam, Jepang, dan Thailand.

Allen juga turut melihat persaingan Facebook-Google+ yang kian ramai dengan penambahan fitur kedua situs tersebut dan perubahan desain yang baru saja dilakukan Facebook.

Dikatakannya, Facebook membuat banyak usernya merasa tidak nyaman dengan perubahan yang dilakukannya. Sebaliknya, Google+ akan berpotensi 'dihuni' lebih banyak orang lagi karena ia konsisten dengan desain yang minimalis.


 First Media Hadirkan Java Soulnation di TV & Internet 












First Media coba memanjakan pelanggannya melalui kerja sama yang terjalin dengan penyelenggara musik Java Production.

Dengan teknologi yang dimiliki First Media, pelanggan jasa broadband communication network tersebut bisa menikmati festival musik gelaran Java Production tanpa beranjak dari rumah.

Adalah acara Java Soulnation Festival 2011 yang diboyong oleh First Media ke rumah-rumah melalui layanan Home Cable. Dengan layanan ini, pelanggan bisa menyaksikan live broadcast ajang musik yang diadakan dari tanggal 23-25 September 2011.

Tayangan yang dihasilkannya pun cukup memuaskan karena ia sudah disokong dengan kualitas HD (High Definition). Pun demikan bagi yang gemar berkutat di internet, First Media juga menyajikan streaming Java Soulnation.

"Kami sudah menyiarkan secara langsung sejumlah acara musik semenjak Java Jazz beberapa tahun lalu. Sekarang di Java Soulnation 2011 ini, kami juga meng-cover special eventnya. Live streaming di internet juga bisa," jelas Marina selaku Marketing Communication & PR Manager First.

Streaming yang ditawarkan oleh First Media diklaim bisa dilakukan tanpa buffering karena pihaknya sudah meningkatkan kecepatan akses internet untuk 3 paket FasNet sekaligus.

Paket yang dimaksud ialah FastNet Express dari 2 Mbps menjadi 3 Mbps, FastNet Premium dari 3 Mbps menjadi 6 Mbps, dan FasNet Ptofessional dari 6 Mbps menjadi 12 Mbps.

Guna lebih memeriahkan acara Java Soulnation 2011, First Media juga menggelar event off-airdi lokasi acara yakni dengan menyediakan dance floor bagi mereka yang ingin unjuk gigi memamerkan keahliannya nge-dance.

Setengah harga tiket resmi juga ditawarkan oleh First Media bagi pelanggan yang ingin memasuki arena festival di Istora Senayan, Jakarta. Sejumlah artis yang bisa disaksikan di event akbar tersebut di antaranya Sophie Ellis-Bextor, Nelly, LMFAO, RAN, Maliq & D'Essentials, dan masih banyak lagi.


Lintasarta-NetApp Duet Garap Komputasi Awan












PT Aplikanusa Lintasarta berkolaborasi dengan NetApp lewat solusi Lintasarta Cloud Services yang dibangun di atas layanan NetApp, yang terdiri dari penawaran Infrastructure-as-a-Service (IaaS) dan Software-as-a-Service (SaaS).

Solusi ini diklaim memungkinkan pengguna untuk memindahkan aplikasi dan layanan infrastruktur TI mereka di berbagai bagian yang menunjang core business perusahaan -- seperti aplikasi email, enterprise resource planning (ERP), sumber daya manusia (HRD), keuangan dan logistik -- menuju cloud (layanan awan).

Dengan memanfaatkan ekosistem partner global dan produk portfolio, Lintasarta Cloud Services dikatakan dapat menghemat biaya TI sampai dengan 50%.

Lintasarta juga bekerja sama dengan NetApp, Cisco dan VMware untuk mengimplementasikan FlexPod – solusi data center yang telah dioptimalisasi dengan konfigurasi yang telah tervalidasi dalam satu rak.

Terdiri dari komponen komputasi, storage dan software untuk dapat menyesuaikan secara vertikal ataupun horisontal untuk mengakomodasi banyak beban kerja, dari solusi penyimpanan data sampai lingkungan secure multi-tenant.

Sebab iklim kompetisi yang semakin ketat menjadi penyebab utama banyak perusahaan, khususnya Small and Medium Enterprise (SME), mengevaluasi kembali cara mereka melakukan bisnis. Apalagi hal-hal yang berkaitan dengan penghematan waktu, biaya dan peningkatan produktivitas menjadi pertimbangan mereka.

Masalahnya adalah bahwa kadang-kadang kemampuan in-house perusahaan tidak bisa mengakomodir pencapaian tersebut, sehingga perlu untuk melakukan outsourcing pada beberapa proses atau layanan TI menuju cloud.

"Cloud computing dengan topologi Flexpod memberikan jaminan redundancy, peningkatan pengelolaan biaya dengan mengalihkan capex menjadi biaya operasional yang terkendali, dan fleksibilitas tinggi untuk para pelanggan Lintasarta Cloud Services," ujar Teddy Sis Herdianto, VAS Commerce General Manager PT. Aplikanusa Lintasarta.

Ia menambahkan, Lintasarta Cloud Services menyediakan sejumlah opsi layanan yang terdiri atas private cloud yang menawarkan eksklusivitas dengan on-demand cloud service, hybrid cloud yang menawarkan fleksibiltas layanan atau public cloud yang memungkinkan IaaS hingga aplikasi bisnis dapat diakses melalui jaringan internet dalam bentuk service on-demand.

"Para CIO dan manager TI saat ini mencari alternatif untuk membantu mereka memenuhi tuntutan bisnis sekaligus memungkinkan mereka untuk beradaptasi dan berevolusi seiring dengan pertumbuhan bisnis mereka," imbuh Steven Law, NetApp Country Manager untuk Indonesia dan Filipina.






Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...