Pages

Sunday, October 16, 2011

ASUS Pasarkan Laptop "Mirip" MacBook Air













Dengan tujuan mematahkan dominasi MacBook Air di pasar laptop ultraportable, ASUS meluncurkan laptop super tipis, ZenBook.


ASUS ZenBook tersedia dalam dua model dengan ukuran layar 11,6 inci dan 13,3 inci. Spesifikasi standar notebook ini  adalah dilengkapi dengan media penyimpan hybrid solid state drive (SSD) sebesar 128 GB dan prosesor Intel i5 (tersedia juga opsi upgrade ke Intel i7). Zenbook menggunakan sistem operasi Microsoft, Windows 7 dan merupakan bagian dari Intel "Ultrabook", dengan ketebalan kurang dari satu inci dan kisaran harga 1000 dolar AS.

Dengan ketebalan hanya 0,11 inci (3mm) di bagian tertipis dan 0,35 inci (9mm) pada bagian paling tebal, ASUS mengklaim Zenbook adalah laptop tertipis yang tersedia di pasar saat ini (MacBook Air pada bagian paling tebal, 0,68 inci). Zenbook model UX21 memiliki bobot sekitar 1,1 kg dan UX31, dengan ukuran layar 13,3 inci, memiliki bobot sekitar 1,29 kg. Bila dibanding MacBook Air dengan ukuran layar yang sama, bobot UX21 sedikit lebih berat dan UX31 sedikit lebih ringan.

Debut MacBook Air di 2008 memang berdampak pada perubahan market share notebook dunia. Dengan bobot yang sangat ringan dan lebar layar 11 sampai 13 inci, serta jauh lebih powerful dibanding netbook - yang juga ringan namun dengan spesifikasi rendah, MacBook Air langsung menjadi primadona.

Sejak kemunculannya, MacBook Air hampir bisa disebut tidak mempunyai saingan berarti. Tahun 2011 ini barulah bermunculan produk-produk yang "mirip" MacBook Air, dari para kompetitornya, seperti Acer Aspire S3 dan ASUS ZenBook ini.
Feature andalan ZenBook adalah "Instant On", yang memangkas waktu boot dari mode standby menjadi dua detik saja dan daya tahan baterainya yang bisa bertahan dua minggu saat standby.

ZenBook akan dipasarkan mulai harga 999 dolar AS untuk model UX21 dan 1099 dolar AS untuk model UX31.


Apple rilis iOS 5 untuk iPhone, iPad, dan iPod touch











Seperti yang telah dijanjikan, Apple  merilis iOS 5 versi final. Sistem operasi mobile generasi terbaru ini siap menyokong iPhone, iPad, dan iPod touch dengan fitur-fitur baru, seperti wireless sync, dukungan iCloud, dan Notification Center baru.

Sebelum dapat upgrade ke iOS 5, pengguna harus telah menggunakan iTunes terbaru, versi 10.5 yang telah di-download sehari sebelumnya.
Dengan mengupdate perangkat Apple-nya ke iOS 5 bisa jadi ini kali terakhir pengguna melakukan backup, sync, dan update via iTunes ke komputer menggunakan kabel USB. Karena update OS ini memungkinkan pengguna melakukan pekerjaan di atas secara nirkabel, tanpa perlu menggunakan kabel. Ini semua berkat feature baru, Wi-Fi Sync.
iOS 5 tersedia untuk iPhone 4, iPhone 3GS, iPad 2, iPad generasi pertama, iPod touch generasi ketiga dan keempat. File update iOS 5 berbeda untuk setiap perangkatnya dan berukuran lebih dari 700 MB. Update ini juga tersedia untuk perangkat Apple TV. Smartphone Apple terbaru, iPhone 4S, yang akan resmi dipasarkan tanggal 14 Oktober juga akan mengusung iOS 5.

Sistem operasi baru ini mengusung lebih dari 200 fitur baru. Salah satu fitur baru yang ditunggu-tunggu adalah fitur notifikasi. Adalah Notification Center yang menyajikan semua update informasi terbaru dari aplikasi-aplikasi yang digunakan. Untuk melihatnya bisa diperbesar dengan cara menarik bagian atas layar ke bawah seperti yang disediakan platform Android.

Fitur yang lain yang membuatnya bakal bersaing ketat dengan BlackBerry adalah iMessage. Seperti diberitakan sebelumnya, ini merupakan layanan chat yang memungkinkan pengguna iPhone, iPod Touch, dan iPad saling berkomunikasi satu sama lain dengan push message. Persis seperti Blackberry Messenger (BBM), bisa kirim pesan teks, foto, kontak, bahkan video, serta membuat group chat. Ada pesan notifikasi kalau pesan terkirim serta indikator saat lawan chat sedang menulis.

Perubahan terbesar adalah tersedianya layanan iCloud yang menyediakan sinkronisasi konten berbasis cloud. Di sini pengguna dapat mengakses semua konten yang dimiliki dari berbagai jenis perangkat yang dimiliki apakah itu iPhone, iPad, atau iPod touch dari mana saja. Album foto dari berbagai perangkat bisa disinkronisasi dan tersimpan di cloud selama 30 hari. Lewat tambahan langganan iTunes on Cloud, track musik yang pernah dibeli dari iTunes juga tersimpan di cloud sehingga bisa diunduh berkali-kali kapan saja dari semua jenis perangkat.

Selain tambahan fitur-fitur utama tersebut, iOS 5 juga menyediakan fitur yang lebih memudahkan pengguna. Misalnya, split keyboard yang baru dan tambahan fitur pada aplikasi kamera. Pesan atau reminder juga tidak hanya diintegrasikan dengan kalender tapi juga dengan lokasi pengguna berada. Ada juga aplikasi Newsstand sebagai tempat mengakses konten majalah dan suratkabar digital. Browser Safari juga mendapat penambahan fitur dan peningkatan kinerja

Perombakan Besar di Ubuntu "Oneiric Ocelot"











Salah satu distro Linux, Ubuntu, mendapatkan update besar-besaran . Para developer di belakang distro Linux populer ini merilis Ubuntu versi 11.10, dengan codename Oneiric Ocelot.Update ini membawa perubahan dan perbaikan dalam skala besar, termasuk peningkatan kinerja Ubuntu Unity Launcher.

Ubuntu versi baru dirilis setiap enam bulan sekali yang mengikuti siklus development yang berdasarkan waktu. Meski baru dirilis sekarang, versi 11.10 ini sudah disiapkan sejak Maret yang lalu, sesaat sebelum versi 11.04 dirilis.
Founder Ubuntu, Mark Shuttleworth memilih codename Oneiric Ocelot untuk Ubuntu 11.10 ini. Nama ini, menurut Mark, menggambarkan siklus versi 11.10 menekankan pada dua hal, yaitu mimpi dan disiplin.Selain itu, bila diartikan kata per kata, "Oneiric", dalam bahasa Yunani, artinya mimpi dan "Ocelot” adalah sejenis kucing liar yang hidup di Amerika Tengah dan Selatan.

Ubuntu memang mempunyai keunikan pemberian nama distronya dengan menggunakan nama hewan. Mirip dengan Android yang setiap versinya menggunakan nama makanan penutup untuk sarapan.

Selain mengalami perubahan signifikan di tampilannya, banyak perubahan yang dilakukan tim developer di Ubuntu 11.10 ini. Seperti, aplikasi e-mail client Evolution digantikan Mozilla Thunderbird. Aplikasi social networking Gwibber meningkat dratis performanya. Dari sisi back-end, Ubuntu 11.10 menggunakan kernel Linux 3.0 dan banyak komponen dari GNOME 3.2.  Untuk men-download "Oneiric Ocelot", silahkan kunjungi websitenya di http://www.ubuntu.com/download






Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...